Senin, 22 Februari 2010

Mengenal Penyakit : Oklusi Arteri Retina


Deskripsi
Oklusi arteri retina adalah penyumbatan suplai darah dalam arteri ke retina. Arteri retina dapat tersumbat oleh gumpalan darah atau zat-zat (seperti lemak atau plak) yang terjebak dalam arteri. Sumbatan ini dapat terjadi karena pengerasan pembuluh darah di mata.
Selain itu, gumpalan mungkin perjalanan dari bagian lain dari tubuh dan memblokir arteri di retina. Gumpalan disebabkan oleh kondisi seperti:
* Diabetes
* Penyakit dari dua pembuluh darah besar di leher (arteri karotid penyakit)
* Gangguan lemak darah tinggi (hiperlipidemia)
* Masalah irama jantung (atrial fibrilasi)
* Tekanan darah tinggi
Jika cabang dari arteri retina tersumbat, bagian dari arteri tidak akan memiliki cukup darah dan oksigen. Jika hal ini terjadi, mungkin kehilangan penglihatan.
Penyumbatan arteri retina atau occlusis hanya dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Oklusi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Orang dengan oklusi arteri retina, apakah itu bersifat sementara atau permanen, memiliki risiko stroke karena penyumbatan dapat juga bergerak ke otak.
Oklusi pembuluh retina lebih sering mempengaruhi orang-orang tua. Faktor-faktor risiko berkaitan dengan gangguan yang menyebabkan penyumbatan.
Gejala
Tiba-tiba buram atau kehilangan penglihatan di seluruh atau sebagian dari satu mata.
Perawatan
Pernapasan dengan karbon dioksida-oksigen campuran digunakan untuk mengobati penyumbatan dalam arteri. Pengobatan ini menyebabkan arteri retina melebar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar