Sabtu, 03 April 2010

Menikmati Wisata Kuliner di Kota Mataram


Untuk anda yang hobi jalan-jalan,baik antar kota sampai antar pulau,belum nikmat rasannya jika tidak mencoba sajian-sajian kuliner di kota yang anda kunjungi. Apabila anda berkunjung ke Mataram, sempatkanlah untuk menikmati sajian-sajian khas dari kota mataram,
Berikut adalah beberapa sajian-sajian kuliner khas Mataram yang wajib anda coba:
Sate Bulayak
Hampir sama seperti sate-sate yang lain, Sate bulayak ini juga terbuat dari daging sapi atau ayam hanya saja yang membedakan adalah lontong dari sate bulayak ini. Nama Bulayak ternyata di ambil dari lontong khas di kota Mataram, yakni seperti lontong biasa hanya saja bentuknya lebih mungil dan mengerucut.
Dibungkusnya pun tak menggunakan daun pisang,tetapi menggunakan daun aren dengan lilitan berbentuk spiral, sehingga membukanya harus dengan gerakan memutar.Yang unik dari sate ini teerletak pada bumbunya. Bumbu dari sate ini trerbuat dari kacang tanah yang di sangrai dan di tumbuk,kemudian di rebus beserta santan. Sekilas rasanya seperti bumbu Kari. Penasaran? Jika anda ingin mencoba, Kuliner ini banyak di jumpai di jalan Udayana Mataram Taman Kota,Mataram
Soto Yu Gisah
Untuk anda yang berasal dari Jawa, dan tidak selera dengan kuliner dari kota Mataram,tidak perlu khawatir.Karena di Mataram ada tempat makanan yang bernama Soto Yu Gisah, dari namanya pun anda sudah bisa menebak kalau kuliner ini berasal dari Jawa. Ya benar,soto yang bertempat di Jl.Adisucipto No.10, Mataram ini memank menawarkan sajian kuliner dari tanah Jawa.Tempatnya pun di desain khusus dengan adannya pendopo-pendopo dan suasana yang asri,anda bisa benar-benar menikmati dan merasa anda sedang berada di tanah Jawa.
Dengan menu andalan Nasi Soto Ayam dengan di taburi irisan daging ayam kampung di tambah ayam goreng dan tempe goreng menjadi semakin nikmat rasa soto tersebut.Jadi sebelum anda ingin pergi ke luar pulau Lombok,di pertigaan bandara,belok kanan sebentar, Sekitar 20 meter sebelah kanan anda akan menemui Soto Yu Gisah.
Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung
Berkunjung ke Mataram,tidak sempurna jika anda melewatkan Ayam Taliwang. Karena menu Ayam Taliwang merupakan salah satu pusaka kuliner Indonesia yang banyak penggemarnya. Dan jika anda sedang berlibur di Mataram sempatkanlah untuk mencicipi kuliner ini dari tempat asalnya.Tempat yang biasa banyak di kunjungi untuk menikmati sajian ini adalah Taliwang Irama,yang berlokasi di Jl.Ade Irma Suryani-Mataram.
Kerupuk Kulit “Bunga Mawar”
Oleh-oleh merupakan sesuatu yang penting bagi seseorang yang sedang melakukan perjalanan ke daerah lain, apalagi ke daerah yang jarang di kunjungi seperti Mataram.Kerupuk Kulit bisa di jadikan alternatif sebagai oleh-oleh.Terbuat dari kulit sapi atau kerbau,makanan ini memank cocok di jadikan buah tangan.Anda bisa membeli dalam bentuk mentahan ataupun yang sudah siap saji.Harga kerupuk ini, yang mentah untuk ukuran 250gram di patok harga Rp 30.000.Jika di goreng anda cukup menunggu 4-5 menit,barulah kerupuk ini bisa di sajikan.Jika anda tertarik untuk menjadikan Kerupuk Kulit ini sebagai oleh-oleh,tempat ini berlokasi di Jl.Khairil Anwar No.4, Mataram, Telp: (0370) 627921.
***
sumber: matarambox.com





2 komentar:

  1. Hmm..kuliner ya... Duh itu poto nya menggugah bgt... jd pengen...

    Salam kenal

    BalasHapus
  2. hummm kangen bgt ama ayam taliwang tahan berapa hari ??? jika pesan untuk jarak jauh bisa gk yah...???

    BalasHapus